WISATA EDUKASI SMP LABSCHOOL '26

Kamis, 19 Oktober 2017

       Inilah hari yang sangat kami nantikan, SMP Labschool Jakarta mengadakan kunjungan ke Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi (PUSPITEK) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Untuk pertama kalinya, kami belajar di luar sekolah. Kami sangat semangat mengikutinya. Kami mendapat tugas kelompok untuk mendokumentasikan semua kegiatan saat wisata edukasi dan tugas pribadi yaitu mengisi LKS yang telah diberikan. Kami berkumpul di sekolah pada pukul 06.30 untuk mengikuti apel pemberangkatan dan doa bersama kelas 9 yang akan mengadakan AMT. Pukul 07.00, kami diarahkan untuk segera menuju bus masing-masing. Setelah semua siswa-siswi sudah lengkap, kami langsung berangkat menuju PUSPITEK Serpong.
Di dalam bus, kami dibagikan snack pagi. Setelah menghabiskan snack pagi, salah satu teman kami, Vania, menyetel lagu di dalam bus membuat semangat kami bertambah. Ibu Wiwit membagikan LKS untuk kami. Pertamanya, rencana berjalan lancar. 2 jam, waktu yang kami butuhkan untuk menempuh perjalanan hingga sampai di PUSPITTEK Serpong.

PUSPITEK
          Sampai di PUSPITEK Serpong, kami segera diarahkan menuju auditorium yang ada di sana. Auditoriumnya sangat besar. Setelah menertibkan rombongan kelas 7 SMP Labschool Jakarta, kami disambut oleh salah satu petugas dari PUSPITEK Serpong. Lalu, kami mendengar kata sambutan dari ketua acara kami, Bapak Kasdi dan didampingi Ibu Siti Mujanah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana sebagai perwakilan pimpinan sekolah. Beberapa saat kemudian, seorang petugas menjelaskan tentang PUSPITEK Serpong lalu mengadakan sesi tanya jawab dan menayangkan video tentang PUSPITEK Serpong. Kami menonton videonya dengan sangat antusias.
         Kami diarahkan untuk naik ke bus kembali dan memakai jas lab yang kami bawa. Seorang petugas menjelaskan lingkungan PUSPITEK. Kami melihat taman kupu-kupu, Kawasan Provinsi, dan lain sebagainya. Lalu, kami dibawa ke lab yang sudah ditentukan untuk setiap kelas. Untuk kelas saya, yaitu kelas 7Diverso, kami ke Lab Bioteknologi-BPPT. Saat masuk ke dalam lab, kami tidak boleh brisik karena akan mengganggu pekerja. Kami dipandu oleh Bapak Imron Roshidi (jabatan Humas). Pertama, ia menjelaskan tentang Lab Biteknologi-BPPT, barulah kami dipersilakan untuk bertanya-tanya tentang Lab Bioteknologi-BPPT tersebut. Lalu, kami diarahkan untuk menelusuri lab dan melihat alat-alat yang digunakan dalam Lab Bioteknologi-BPPT. Setelah itu, kami dipandu menuju Screen House, yaitu tempat budidaya tanaman. Kami mendapat penjelasan dari Bapak Imron. Kemudian, kami diarahkan untuk keluar dan foto bersama satu kelas.
 Pukul 11.00, kami kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan ke TMII. Kami makan siang dan berganti baju. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke TMII adalah sekitar 2 jam. Kami menghabiskan waktu di perjalanan dengan mendengarkan lagu dan bermain-main

SKYWORLD TMII    
Setelah sampai di TMII, sorakan ria terdengar di bus kami. Kami langsung menuju Masjid Diponegoro untuk menunaikan ibdah sholat dzuhur berjamaah. Setelah itu, kami kembali ke bus dan menuju Skyworld. Setibanya di Skyworld, kami diarahkan segera menuju auditorium untuk menonton video tentang luar angkasa. Kami menonton cukup lama, sekiat 30 menit. Setelah itu, kami dibimbing keluar auditorium untuk menelusuri Skyworld dan mencari jawaban untuk LKS yang diberikan Bu Wiwit. Setelah menemukan jawaban dan melihat-lihat, akhirnya kami diarahkan untuk berbaris dan duduk di dalam, menunggu giliran masuk ke studio simulasi 5 dimensi. Cukup lama kami menunggu, karena hanya terdapat 3 studio yang hanya dapat memuat 18 orang. Sekali masuk, itu dapat menghabiskan waktu 5 menit. Sambil menunggu, kami diberi snack sore. Kami makan dengan lahap setelah lama menunggu. Saat kami masuk, kami akan diberi kacamata khusus agar bias merasakan efek 5 dimensi yang ditampilkan film, seolah-olah kita sedang naik rollercoaster.
Setelah keluar dari studio simulasi 5 dimensi, kami dipandu untuk segera menuju Planetarium. Di Planetarium, kami dibuat seolah-olah sedang berada di luar angkasa. Menyenangkan sekali.
Sudah pukul 17.15, cuaca di luar hujan deras. Kami pelan-pelan berjalan kembali ke bus. Sebenarnya, kami masih ada 1 destinasi lagi, tetapi waktun tidak mendukung kegiatan ini berlangsung, sehingga kami terpaksa membatalkan rencana ke Dunia Air Tawar.
Kami menuju Masjid Diponegoro terlebih dahulu untuk melaksanakan sholat Ashar dan Maghrib berjamaah. Setelah itu, kira-kira pukul 18.15, barulah kami diantar ke sekolah. Tetapi sebelum itu, kami memeriksa barang-barang kami Perjalanan lancar, hanya menghabiskan sekitar 1 jam di perjalanan.
Saat sudah dekat dengan sekolah kami yang tercinta, kami bersiap-siap, memeriksa barang kami sekali lagi, memastikan tidak ada yang hilang. Setibanya di SMP Labschool Jakarta, semua anak turun dari bus dan dijemput oleh orang tua masing-masing untuk pulang ke rumah.

Disusun oleh,
Agatha Kristanavia 7D / 2

Komentar

  1. tambahkan 3 buah gambar kegiatan wisata edukasi

    BalasHapus
  2. seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan yang Menyenangkan.

LIBURAN SEKOLAH 2018